Ilmu Campuran Seputar Blog, Pendidikan & Sastra

Kamis, 04 Agustus 2016

Media yang Menerima Cerpen dan Puisi

Media yang Menerima Cerpen dan Puisi

Beberapa hari yang lalu banyak yang bertanya kepada saya via facebook tentang media mana saja yang menerima kiriman cerpen dan puisi? Maka seperti yang saya ketahui, ada banyak sekali, seperti Kompas, Jawa Pos, Media Indonesia, Lampung Post, Basabasi.co dan masih banyak lagi. Sebenarnya sudah lama sekali saya berniat untuk menshare informasi yang sangat bermanfaat ini, khususnya bagi yang belum mengetahuinya. Tapi kesempatan baru datang sekarang. Sudah langsung saja ya, tulisan di bawah berikut saya kutip langsung dari https://lakonhidup.wordpress.com/redaksi/. Bagi sobat yang ingin tahu seperti apa cerpen yang diterbitkan di beberapa media massa berikut, silakan belajar langsung  di  https://lakonhidup.wordpress.com/redaksi/
 
Teknis Standar Pengiriman Naskah 
 
Hal pertama yang harus diperhatikan seorang penulis sebelum mengirimkan cerpen ke suatu media adalah kecenderungan tema cerpen yang biasa dimuat oleh media tersebut. Biasanya sejalan dengan visi dan misi media.
Majalah Ummi tentu tidak akan memuat cerpen dengan tema remaja yang lagi patah hati dengan gaya tutur gaul seperti loe, gue, apalagi memuat kisah peri hijau dan cinderella. Begitu pula Majalah Bobo, mustahil menerima cerpen dengan tema keluarga dan rumah tangga.
Naskah diketik dalam MS Word, kertas A4, Times New Roman 12, line spacing 1.5, maksimal 10.000 karakter termasuk spasi—tergantung media, disimpan dalam format RTF (Rich Text Format), dan dikirim via file attachment.
Jangan lupa di bagian akhir naskah cantumkan nomer rekening Anda untuk pengiriman honor—jika dimuat, alamat email, dan nomer hp.
Pada subjek email untuk pengiriman cerpen ditulis CERPEN: JUDUL CERPEN .
Tulis pengantar singkat-padat-jelas pengiriman cerpen pada badan email. Dan, akan lebih baik jika dalam pengantar ditegaskan tentang lama status cerpen yang dikirim.
“Jika setelah DUA BULAN cerpen ini belum dimuat, maka akan saya kirim ke media lain….”
Selesai.
Tarik nafas dalam-dalam, ucapkan syukur karena telah menyelesaikan sebuah cerpen dan mengirimkannya ke media. Berdoalah semoga layak muat dan dikirim honornya jika dimuat. Amin.
Dan, teruslah (belajar) menulis kreatif lebih baik lagi!
 .
Selatan Jakarta, Gatsu 52-53 Lt.14
17 Januari 2012 09:29 WIB
BERIKUT beberapa alamat email redaksi koran dan majalah yang menerima kiriman CERPEN. Anda yang mengetahui info terkini terkait alamat email redaksi dan honor pemuatan cerpen dimohon bantuannya dengan menuliskannya pada komentar Anda. Terima kasih.

1. Kompas
opini@kompas.com, can@kompas.com
Ada konfirmasi pemuatan cerpen dari redaksi via email.
Honor cerpen Rp. 1.400.000, biasanya 2-3 hari setelah pemuatan, honor sudah ditransfer ke rekening penulis.

2. Republika
sekretariat@republika.co.id, aliredov@yahoo.com
Tidak ada pemberitahuan dari redaksi terkait pemuatan cerpen. Honor cerpen Rp. 371.000,—pengalaman beberapa rekan penulis, harus sabar menagih ke redaksi beberapa kali agar segera cair.

3. Jawa Pos
editor@jawapos.co.id, ari@jawapos.co.id
Honor cerpen Rp 925.000 – Rp. 1.000.000, ditransfer 1-2 minggu setelah cerpen dimuat.

4. Suara Merdeka
swarasastra@gmail.com
Cerpen maksimal 9.000 karakter termasuk spasi. Honor cerpen Rp. 300.000, hubungi redaksi untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen. Bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau kantor perwakilan redaksi di kota Anda—jika ada.

5. Koran Tempo
ktminggu@tempo.co.id
Biasanya Nirwan Dewanto—penjaga gawang rubrik Cerpen Koran Tempo, meng-sms penulis terkait pemuatan cepen jika penulis mencantumkan nomer hp di email pengiriman. Honor cerpen Rp. 750.000,  ditransfer seminggu setelah pemuatan.

6. Media Indonesia
cerpenmi@mediaindonesia.com, cerpenmi@yahoo.co.id
Kriteria umum naskah 9.000 karakter. Honor pemuatan cerpen Rp. 700.000 sampai Rp. 1.000.000.

7. Pikiran Rakyat
khazanah@pikiran-rakyat.com, ahda05@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 300.000.

8. Lampung Post
lampostminggu@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 250.000, hubungi redaksi untuk konfirmasi pencairan honor atau minta tolong teman yang ada di Lampung untuk mengambilkan ke kantor redaksi.

9. Jurnal Cerpen Indonesia
jurnalcerpen@yahoo.com, jurnalcerita@yahoo.com
Honor cerpen Rp. 250.000.

10. Majalah Horison
horisoncerpen@gmail.com, horisonpuisi@gmail.com
Honor cerpen Rp. 450.000, biasanya dikirimi majalahnya sebagai bukti terbit. Hubungi redaksi untuk konfirmasi pencairan honor, kadang honor dikirim via wesel jika tidak ada nomer rekening.

11. Majalah Ummi
kru_ummi@yahoo.com
Tema cerpen seputar keluarga dan rumah tangga. Honor cerpen Rp. 250.000 ditransfer paling telat satu bulan setelah pemuatan.

12. Majalah Femina
kontak@femina-online.com, kontak@femina.co.id
Honor cerpen Rp. 975.000 dan cair seminggu setelah dimuat.

13. Majalah Story
story_magazine@yahoo.com
Tema cerpen khas ala remaja/teenlit. Konfirmasi pemuatan cerpen via telepon dari redaksi Story. Antrian pemuatan panjang, bisa 6 bulan sampai setahun. Honor cerpen Rp. 250.000, maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer ke rekening penulis.

14. Majalah Annida-online
majalah_annida@yahoo.com
Ada konfirmasi pemuatan cerpen via email redaksi Annida-online. Honor cerpen Rp. 50.000, honor epik (cerita kepahlawanan) Rp. 100.00, maksimal sebulan setelah pemuatan honor sudah ditransfer.

15. Majalah Bobo
bobonet@gramedia-majalah.com
Honor cerpen Rp. 250.000.

13 komentar:

  1. Alhamdulillah wasyukurillah akhirnya bisa mengembangkan kesukaan menulis cerpen n puisi..Alhamdulillah

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah wasyukurillah akhirnya bisa mengembangkan kesukaan menulis cerpen n puisi..Alhamdulillah terimakasih media

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya sangat brmanfaat ka

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya sangat brmanfaat ka

    BalasHapus
  5. Thanks ka info nya. Semoga cerpen saya dterima. 😀

    BalasHapus
  6. mau tanya, kalo ngirim ke media indonesia kok langsung dapat balasan gagal secara otomatis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbentar biar saya cek dulu ya
      barangkali saya salah nulis

      Hapus
    2. Bisa kak
      boleh lihat screenshootnya?
      barangkali ada yg salah

      Hapus