Ilmu Campuran Seputar Blog, Pendidikan & Sastra

Rabu, 10 Agustus 2016

UNDANGAN PENYUSUNAN BUKU SASTRA: MEMBACA INDONESIA CERPEN – PUISI – NASKAH DRAMA - BEBUKU PUBLISHER

UNDANGAN PENYUSUNAN BUKU SASTRA: MEMBACA INDONESIA
CERPEN – PUISI – NASKAH DRAMA
BEBUKU PUBLISHER


Meski secara umum sastra sering diidentikkan sebagai sebuah tulisan rekaan, tetapi hal ini menjadi berbeda ketika sastra mampu menangkap fenomena-fenomena sosial yang kerap luput dari pandangan masyarakat. Selain itu, sastra mampu mengangkat nilai-nilai kehidupan yang arif dan bijaksana dalam kemasan yang lebih indah. Nilai-nilai yang diangkat dalam karya sastra menjadi hal penting dalam proses pembentukan karakter seorang manusia baik secara pribadi maupun dalam suatu kelompok besar: bangsa. Bahkan, Nyoman Kuntha Ratna (2005:8) mengatakan bahwa sastra lebih dekat dengan peradaban dibandingkan dengan kebudayaan, sebab sastra adalah nilai-nilai. Sementara itu dalam penelitiannya, Binebai (2013:204) berpendapat bahwa sastra yang sudah menembus batas zaman dan benua berfungsi sebagai wujud dan penginterpretasi kebudayaan orang-orang. Maka, dapat sedikit disimpulkan, bahwa sastra memiliki keterkaitan dan pengaruh yang sangat kuat terhadap peradaban dan kehidupan manusia.
Selain keluasan ruangnya dalam merekam pesan, kehidupan, beserta perabot kebudayaan manusia, fungsi sastra sebagai media pendidikan membuat sastra memiliki peran yang sangat vital bagi peradaban dunia. Kalau boleh sedikit mencuplik salah satu kisah, demi membuktikan kekuatan dan fungsi sastra dalam membentuk karakter seseorang yang kemudian berimbas luas pada peradaban manusia sejak beribu tahun yang lalu hingga sekarang, maka kisah luluhnya musuh terbesar sekaligus terkuat Nabi Muhammad SAW─Umar bin Khattab─karena mendengar keindahan dan keagungan syair yang terkandung dalam Al-Quran adalah bukti nyata yang tak terbantahkan.

Mendasar pada hal-hal tersebut, sudah semestinya kesusastraan mendapatkan perhatian lebih dalam upaya persiapan masa depan bangsa. Budaya literasi, baik baca, tulis maupun diskusi, harus lebih gencar digalakkan di setiap dimensi kehidupan. Kaderisasi generasi muda yang melek bahkan ahli sastra, sudah seharusnya dilakukan sedini mungkin, seluas mungkin dan semasif mungkin. Dan tentu saja, untuk menjadikannnya sebagai gerakan semesta, para pegiat sastra harus mendapatkan media untuk mengeksplorasi bakat, kemampuan, proses kreatif serta karya-karyanya.
Mendasar pada hal tersebut, Bebuku Publisher menggelar UNDANGAN PENYUSUNAN BUKU SASTRA: MEMBACA INDONESIA sebagai wujud kontribusi menyiapkan generasi ahli sastra di masa mendatang. Gelaran ini bersifat undangan tidak bersifat perlombaan. Tujuan adanya gelaran ini memanglah difungsikan sebagai ajang berproses kreatif dan pempublikasian karya bersama. Harapannya, dengan memberikan ruang yang bebas digunakan oleh siapapun, budaya literasi di negeri ini dapat menjadi wabah yang mampu menjangkit setiap lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Jika sudah demikian, maka cita-cita untuk memiliki generasi ahli sastra di masa mendatang, bukanlah sekadar impian.


UNDANGAN PENYUSUNAN BUKU SASTRA: MEMBACA INDONESIA
1. Undangan ini diperuntukkan bagi seluruh Penulis yang berkewarganegaraan Indonesia, baik yang tinggal di dalam negeri, maupun di luar negeri.
2. Karya sastra yang dikirimkan dapat berupa Prosa (Cerita Pendek), Puisi dan Naskah Drama. Penulis hanya diperkenankan memilih satu kategori karya sastra tersebut.
3. Karya sastra bertema BEBAS, namun dapat menginternalisasikan tema Membaca Indonesia.
4. Karya dilarang mengandung unsur plagiasi dan pelanggaran terhadap ketentuan hukum.
5. Untuk Kategori Prosa (Cerita Pendek) dan Naskah Drama, Penulis cukup mengirimkan satu naskah dengan ketentuan maksimal 7 halaman A4.
6. Untuk Kategori Puisi, Penulis dapat mengirimkan 1-5 karya.
7. Penulis yang memenuhi undangan ini diwajibkan untuk membayar biaya patungan penerbitan dan produksi buku sejumlah Rp 60.000,- yang dibayarkan melalui transfer ke nomor rekening BRI 1298-01-001-464-506 a/n FITRIA NURYANI. Khusus untuk Penyair penyusun buku Aquarium & Delusi, berhak mendapatkan diskon khusus. Cukup membayar Rp. 50.000,-
8. SELURUH KARYA yang dikirimkan oleh Penulis, akan diterbitkan menjadi Antologi Karya Sastra.
9. Penulis berhak mendapatkan:
a. 1 Eksemplar Antologi Karya Sastra
b. Sertifikat Penulis dalam bentuk cetak
c. Gantungkan Kunci Spesial dan Sticker
10. Batas pendaftaran, transfer dan pengiriman karya pada 10 September 2016.
11. Diharapkan kesediaan Penulis untuk menyebar-luaskan informasi undangan ini, guna meramaikan jagat sastra nusantara. Dan sebagai apresiasi dari kami, bagi Penulis yang paling banyak menyebarkan undangan ini, berhak mendapatkan 1 T-shirt secara gratis atas dedikasinya mengampanyekan dan mengajak masyarakat Indonesia untuk berkarya bersama.
12. Penulis diwajibkan mengirimkan naskah yang dilengkapi dengan foto diri dan biodara narasi dalam satu file MS.Word. Dikirim melalui email ke alamat email undanganbukusastra@gmail.com
13. Format pengiriman melalui email adalah sebagai berikut:
a. Kategori Prosa: BUKUSASTRA – PROSA – NAMA
b. Kategori Puisi: BUKUSASTRA – PUISI – NAMA
c. Kategori Puisi: BUKUSASTRA – NASKAH DRAM – NAMA
14. Meski undangan ini tidak bersifat perlombaan, Panitia Penyelenggara akan memberikan penghargaan khusus bagi Penulis dengan kreativitas, kedalaman pesan, kekuatan tema dan teknik penulisan terbaik, berupa:
a. Karya Terbaik I: Uang Pembinaan + Plakat + Piagam Penghargaan + Paket Penerbitan Full Service
b. Karya Terbaik II: Plakat + Piagam Penghargaan + Paket Penerbitan Full Service
c. Karya Terbaik III: Plakat + Piagam Penghargaan + Paket Penerbitan Full Service
d. Karya Terbaik IV: T-shirt Ekslusif + Piagam Penghargaan
e. Karya Terbaik V: T-shirt Ekslusif + Piagam Penghargaan
15. Pengumuman Karya-karya terbaik akan dilaksanakan pada 30 September 2016.
16. Untuk memudahkan pintu informasi, koordinasi dan diskusi, seluruh Penulis diharapkan untuk bergabung di grup Undangan Penyusunan Buku Sastra. Silahkan klik link ini: https://www.facebook.com/groups/1572621233033244/


Sumber: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=224001687996737&id=100011607216055 , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar