Ilmu Campuran Seputar Blog, Pendidikan & Sastra

Selasa, 28 Juni 2016

Apa Kata Mereka Tentang Blog?

Pendapat Mereka Seputar Blog

(Dampak Positif & Negatif Ngeblog)

Yuk, simak berikut ini:

1. Seiring dengan kemajuan peradaban umat manusia yang termotivasi untuk selalu menciptakan hal-hal yang dapat mempermudah berinteraksi dengan sesama maka keberadaan blog sangat membatu seseorang dalam menyalurkan hasil karya tulisnya juga mengabadikan dalam suatu bentuk dokumen yang bisa dibaca orang lain. Tentu saja akan ada manfaat yang bisa dipetik baik untuk pemilik blog itu sendiri juga orang lain yang membacanya. Ini sudah merupakan suatu bentuk ibadah secara tak langsung.

Sementara sisi negatifnya sudah pasti ada.

Kalau menurut pendapat saya bahwa dengan semakin baiknya suatu blog seseorang yang banyak dikunjungi oleh orang lain akan muncul iklan yang bisa dikatakan mengganggu kenyamanan dalam berinteraksi antar sesama pengguna blog itu sendiri.
Memang bisa dimaklumi sepanjang iklan itu baik. Cuma tokh kita mesti garis bawahi yang baik menurut seseorang belum tentu baik buat orang lain. Jadi pada akhirnya akan kembali ke diri masing-masing.
Sekian, terima kasih.
 (Agus Salim)



2. Menurut saya, ngeblog itu banyak manfaatnya, diantaranya :
  • Sebagai sarana utk membagi ilmu, ini manfaat paling utamanya. Jadi kita bisa share info-info, tugas-tugas, karya tulis, maupun berita ter-aktual yg bermanfaat bagi orang lain. Dan sekaligus bisa sebagai referensi bagi mereka dalam mengerjakan tugas bukan?
  • Sebagai sarana iklan/promosi, nah sekarang kan dah zaman canggih ya pastikan iklan bukan cuma bisa di TV, manfaatkan aja blog kamu. Bisa iklan produk kecantikan/kesehatan, bisa iklan lowongan kerja mungkin, bisa iklan lomba karya tulis baik cerpen maupun puisi, bisa juga iklan giveaway/kuis yang nantinya bakal kerja sama penerbit, dan masih byk lagi deh yg bisa kamu iklankan lewat blog. Dan pastinya, blog kamu bisa terkenal loh.
  • .Sebagai sarana mendapatkan teman baru. Semakin banyak yang mengunjungi blog kamu, maka semakin banyak juga yang bakal ngefollow kamu, baik dari twitter, facebook, dan media sosial kamu yang lain. Apalagi bagi mereka yg suka sama postingan-postingan kamu, mungkin mereka bakal nunggu postingan kamu selanjutnya.
Jika ada manfaat, pasti ada juga kerugiannya. Maklum di dunia ini tak ada yang sempurna, pasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Menurut saya sih ngeblog juga ada kerugiannya yaitu :
  • Menghabiskan waktu, biasanya dalam membagi ilmu nih. Bagus sih bagi-bagi ilmu terutama yang memang dah disiapkan, nah ini belum ada persiapan bagaimana coba? Pasti bakal sibuk di depan laptop berjam-jam cuma untuk menuangkan imajinasi. Dan karena sibuknya sampai lalai dalam mengerjakan tugas yg lain lagi. Duh maaf ya, kerja kita bukan cuma nongkrong depan aja kali, banyak kerjaan yg harus dikerjakan. :D
  • Menguras kuota. Semakin banyak yg dishare maka semakin banyak kuota terkuras. Ya iyalah, ngeblog kan pakai sambungan internet terus kalau gak ngisi kuota/paketan bagaimana bisa internetan? Oke di rumah pakai wifi, memangnya gak dibayar apa beli pulsanya? Oh ada alternatif lain, pergi ke tempat makan yg ada wifi gratis aja? Tapi gak mungkin kan setiap hari kamu kesana terus, terakhir diusir pula karena gak bermodal. Pakai wifi terus-terusan pesannya cuma secangkir kopi. :D  
        Oleh: Lely Nurvita Sari
        http://sebelumprolog.wordpress.com


3. Dampak positif ngeblog
  • Jika kita ngeblog dengan niat berbagi ilmu, maka itu hal yang sangat bagus,  di samping itu nama kita akan    di kenang. Dan insya Allah akan mendapat pahala  jika niat kita karena Allah dan di niati untuk ibadah.
Dampak negatif ngeblok
  • Siap-siap jika ada komentar yang pedas  maka harus tetap bersabar, karena tidak semua orang se pendapat dengan tulisan kita.
Oleh: Isma Rohmawati
 Fb: Isma Rohmawati


4. Assalamualaikum, Tanpa basa basi saya langsung ke topik saja ya.
  • Its about blog, menurut pemikiran saya yg masih dangkal dan berdasarkan pada pengalaman yang pernah lewat. Positifnya blog itu jangan ditanya lagi dech, super hebring pokoknya. Dengan blog kita dapat sharing ilmu berupa ilmu akademik maupun nona kademik. Apalagi blog juga sangat membantu para penulis khususnya penulis yang aktif menggunakan blog. hehe..
  • Tahu gak?! Senangnya alhamdulillah banget jika blog kita dibaca oleh orang lain, tandanya kita berhasil. Jadinya kan bermanfaat, maslahat untuk teman sejawat, untuk umat, ah tentunya buat semua si pembaca.
Negatifnya, 
  • Ah sayang sekali kalau para bloger tidak bisa memanage waktu. Ngeblog memang baik sih, tapi ingat tidak selamanya kita harus standby depan layar, tentunya aktivitas yg lain jangan ditinggalkan. Ini berdasarkan fakta loh, saya pernah ketergantungan untuk beberapa waktu. Dan ternyata bukan cuma saya, ada banyak para bloger lain yang seperti itu. So, remember it. Time management. Dengan time management kita bisa balance, hemat uang dan tentunya pikiran tidak terlalu terporsir. Hemat uang artinya otomatis dengan kita on terus diblog makan kuota internetkan dan otak kita juga butuh refresh loh, kelamaan depan layar itu tidak baik buat kesehatan.
  • Dan hei para bloger, gunakan blog itu sebaik mungkin degan tidak memposting gambar2 silau spt pornografi, malu tahu itu aib buatmu. Memang sih itu hakmu tapi kalau boleh saya bersaran, please dont do that kawan. Merusak generasi bangsa.
 Jadi, seperti itu para bloger yg budiman. Terimakasih atas perhatiannya. 

(Oleh: Yakana Nuniek) 

5. Dengan nge-blog itu sebenarnya kita terbawa oleh zaman. Saya memandang blog tak ubahnya dengan buku catatan, bedanya, ya, blog ini di dunia internet. Maka dampak positifnya:
  • Bagi orang yang suka nulis dan suka bermain di dunia maya, tentu nge-blog akan bernilai positif. Seperti, menampung tulisan kita, misal. 
 Dampak negatifnya:
  • Kita menjadi indiviualis, jauh dari alam. Karena kalau tadi saya samakan blog dengan buku catatan--perasaan, tentu untuk menulis di blog akan terkendala ketika kita membawa komputer atau laptop kita ke hutan atau gunung, dengan kondisi jaringan lemot. Dan nge-blog seakan hanya diperuntukkan kepada orang-orang borjuis saja. Wallahu a'lam. #GolPut.
Oleh: Wardhy Liela


6. Dampak positif ngeblog:
  •  Kita bisa men curahkan semua isi pikiran kita lewat blog. Bisa berupa tulisan yang menyenangkan maupun menyedihkan
Dampak negatif:
  • Jika sudah blog suka lupa waktu karena ingin segera menyelesaikan tulisan kita. Bahkan sampai lupa mandi. 
Oleh: Mus Aminingsih

7. Pertama, saya akan mengutarakan dampak positif dari nge-blog. Antara lain;
  • Bisa nulis apapun yang kita suka.
  •  Berbagi cerita yang kita punya.
  •  Memberi manfaat pada pembaca setelah membaca tulisan.
  • Bisa eksis di dunia lain .. eh, Maya maksudnya.
Dampak negatif
  • Terkadang ada orang yang curcol engga jelas. Bikin orang illfeel, mungkin aja berakhir pada sesuatu yang tidak diinginkan.
  • eits, lupa waktu juga. Biasanya kalo sudah asyik, gebetan aja, bisa ditaroh di kamar mandi biar diem. Hehehe.
    Sekian saya dari saja ;-)
  Oleh:  Nuriel Shiamy
http://www.beritaunik.net/

8. Dampak Positif:
  • Sebagai ajang silaturahmi, baik online maupun offline. Hal ini saya alami sendiri. Dari ngeblog online akhirnya mendapat komunitas dan sering acara offline sehingga dapat banyak kawan yang seminat dan bisa saling tukar pendapat.


  • Mengeksplorasi ide dan isi hati, segala hal yang ingin saya sampaikan bisa dibaca orang lewat blog, sehingga jika ide tersebut memupuk manfaat akan sangat lega jika banyak yang baca. Sehingga juga sebagai ekspresi batin oleh sang penulis.
  • Ajang belajar penuh manfaat, dengan adanya blog ini bisa menumbuhkan keinginan banyak baca untuk referensi dan juga salah satu dampak BW. Seru deh.
Dampak negatif:
  •  Sering lupa waktu karena keasyikan ngeblog. Karena setelah ngeblog biasanya langsung BW padahal ditarget setengah jam, eh molor sampai 4 jam :)  
Salam anggiputri.com (anggiputri265@gmail.com)

9. Seperti yang kita ketahui segala sesuatu pasti memiliki dampak positif dan negatif.
Dampak positif dari ngeblog adalah:
  •  Kita bisa menuliskan apapun dalam blog pribadi kita. Entah itu hanya coretan-coretan kecil atau mungkin bacaan yang memiliki banyak manfaat untuk orang banyak. Selain itu dari ngeblog kita bisa memiliki banyak teman. 
  • Kita bisa berbagi dengan mereka tentang ilmu yang kita tuangkan dalam blog kita. Untuk yang hobby nulis jelas saja akan memiliki banyak manfaat untuk memperbaiki setiap tulisan-tulisan kita yang mungkin (masih) berantakan. 
  • Kita bisa sharing tentang dunia tulis menulis, sharing ilmu dan pengalaman tentunya. Kalau orang lain membaca tulisan kita di blog, pahala dari tulisan yang membangun dan memotivasi tentu akan mengalir terus kepada kita. Ngeblog itu asyik, kita akan bertemu banyak orang dalam dunia maya yang tulisannya (mungkin) bisa menjadi pemicu bagi kita untuk terus belajar dan mencari tahu tentang segala hal yang ada di muka bumi.
Lain lagi saat kita berbicara tentang dampak negatifnya.
  •  Tak lain adalah waktu yang banyak terbuang. Saat kita asyik ngeblog, kita bisa lupa dengan sekitar kita. Lupa dengan mereka yang duduk disamping kita atau bahkan lupa dengan kewajiban kita sebagai seorang hamba. Mungkin tidak sampai lupa shalat sih, tapi lalai dalam mengerjakannya tentu merupakan dampak negatif, kan? Kita hanya perlu pandai dalam mengatur waktu saat menggunakannya dan semua kembali pada pribadi masing2, mau memberikan dampak positif yang menguntungkan orang lain atau dampak negatif yang merugikan diri sendiri dari ngeblog. Intinya ingat waktu itu penting loh dalam segala hal yang berhubungan dengan internet :) 
 Oleh: Ulva Afdillah Umar


10. Dampak Positif:
  • Bisa meluangkan berbagai macam ide lewat tulisan, jadi ide tidak hanya sebatas pemikiran tapi juga penyampaian lewat sebuah kalimat dan bahkan bisa berbentuk gambar atau ilustrasi video juga.
  • Bisa berbagi pengalaman kepada sesama dan juga berbagi ilmu kepada yang membutuhkan ataupun bertanya, karena blogging itu bukan hanyak untuk kita  tapi untuk semua kalangan bahkan kita bisa mencari dan mempelajari hal baru bisa dari komunitas dan juga grup apalagi jika mereka aktiv kita yang tidak bisa pun menjadi bertambah wawasannya baik dari dasar bahkan sampai hal tersulit pun bisa kita pelajari bahkan gratis 
  • Kreasi tidak terbatas pada suatu bidang contohnya novel atau cerita pendek jika di tuangkan dalam blog akan lebih indah jika penyampaiannya dan tata tulisnya benar atau unik dan bahkan kita bisa mendapat masukan dari para pembaca juga kita bisa saling berbagi pemikiran bahkan ide.
  • Kita bisa meluangkan waktu yang bermanfaat ( quality time ) karena di dalam blogging banyak hal yang bisa kita dapat, jadi tidak ada waktu yang terbuang percuma dan juga kita bisa mengatur jadwal kita sendiri dalam blogging. Kita nggak perlu khawatir kalau misalkan kita punya kegiatan selain blogging. 
  • Kita juga bisa mendapatkan teman dalam blogging jadi semakin banyak kita blogging semakin banyak sahabat yang kita dapatkan
Dampak negatif:
  • Terlalu money oriented, alias tidak fokus dalam blogging tapi fokus mencari uang. Alhasil blog jadi asal asalan dan bahkan copy paste dari blog lain. Hanya untuk mencari uang dengan cara yang haram yaitu iklan terlalu banyak sehingga menggangu pembaca
  • Adanya sifat iri dan dengki ketika blogging. Ini terjadi ketika blog kita sudah banyak pengunjung dan mereka selalu menggunakan software ataupun aplikasi lain nya untuk mencoba menghancurkan blog kita entah jingling ataupun auto visitor.
  • Selalu mengambil karya orang lain tanpa seizin pemilik. Karya kita yang diambil biasanya tulisan informasi tapi dengan cara tulisan yang biasa tidak ada ciri khas dari sang penulis itu sendiri biasanya mereka menggunakan auto generate content
  • Tidak ada ide atau seni di dalam blogging. Bahkan para blogger hanya memikirkan bagaimana cara agar blog menjadi lebih cepat di akses dan mengesampikan seni dalam blog jadi hanya sebuah halaman yang berisi info tanpa adanya suatu feel tersendiri.
segitu aja bisa jadi novel kalo semua :D


11. Plus dan Negatifnya Blog.
  • Dapat berbagi pengalaman, memberikan motivasi kepada para pembaca. Intinya dengan blog kita dapat memposting sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang, bukankah dengan adanya post yang brmanfaat itu bisa menjadi pahala? Apalagi jika ada pihak yang membaca post blog kita lalu di share oleh pihak tersebut, kita juga akan mendapat pahala. Insya Allah :)
  Dampak Negatif
  • Jika sudah kecanduan dapat dengan mudah atau tnp kita sadari bisa saja godaan setan datang dan tnp disadari post kita nyleneh atau tidak baik untuk disebar luaskan, padahal post yang sebelum-sebelumnya sudah dibaca dan bermanfaat bagi orang lain, lalu dengan adanya post yg tdk baik tsb pahala kita dapat berkurang. Walaupun pahala itu tidak berwujud, setidaknya kita tahu setiap tulisan yang baik pasti akan mendapat posisi yang baik pula, begitupun sebaliknya. Karena pada dasarnya setiap hari kita selalu diawasi oleh para malaikat :)
OLeh: Maesyuroh
(mey.skanera22@gmail.com)

12. Ya, menurut saya ngeblog itu mengasikkan. Dampak positifnya: Kita bisa mengembngkan bakat dan kreatifitas menulis. Dan memacu kita untuk terus menimba ilmu sehubungan dengan 'blog' yang akan dibuat. Juga meraba-raba jenis tulisan yang banyak diminati pembaca. Karena semakin banyak pengunjung blog tsb, akan menghasilkan royalti bagi pemiliknya. Di samping kepuasan batin. Terpenting blog tsb bermanfaat. . Dampak negatifnya pun ada, antara lain: Sering terlena dengan waktu, sehingga tak ingat jika sudah berjam-jam atau hampir seharian asik dengan internet. Dan tak jarang menunaikan kewajiban atau tugas tertunda. Menurut saya, itulah dampak-dampak dari ngeblog.

Oleh: S Wati Tasniem

13. Menurut saya dengan adanya blog dapat memberi pengaruh sisi negatif dan positif, 
Sisi positifnya:
  • Dapat memberikan informasi atau wawasan baru, bisa saling bertukar pikiran akan sesama pengguna blog sehingga terjalinlah ukhuwah dari berbagai macam suku bangsa.
  •   Dapat mengetahui perkembangan zaman yang semakin canggih dalam bidang teknologi dan informasi.
  • Dan perumpamaan saya mengenai blog itu seperti sebuah buku, yang dengannya kita bisa mengenal dunia lebih luas dan bisa menambah referensi buat tugas makalah. Hehe…
Adapun sisi negatif dari blog adalah:
  • Kadangkala saat copas(copy paste) informasi dari blog itu tanpa membaca dengan teliti isi dari informasi yang ada di blog itu (asal copas). Akibatnya, si copas tidak mendapat ilmu atau pemahaman yang ada di blog itu. Saya sempat berfikir, bagaimana nasib penerus bangsa kelak jika yang diinginkan itu instan (cepat saji) tanpa meneliti dahulu informasi yang didapat.
  • Bisa lupa waktu karena terlalu asyik nge-blog, seperti menunda melaksanakan ibadah sholat. Dan..
  1. Terlalu banyak nge-blog juga tidak baik untuk kesehatan. Penglihatan bisa minus karena radiasi yang dihasilkan layar komputer yang terlalu tajam, bisa menyebabkan pusing kepala dan efek nyeri lainnya. Dan masih banyak lagi…
Itulah beberapa opini saya mengenai blog. Sekian, wassalam… 
Oleh: Sida Maslaha

14. Inilah dampak positif dan negative dari aktifitas ngeblog menurut saya pribadi :
 
 DAMPAK POSITIF:
  • Kita akan memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Dengan kita me nge-blog, kita tentunya harus memiliki modal yaitu wawasan kita harus luas untuk menarik perhatian para pembaca. Gak mungkin kan jika kita men-update sesuatu di blog kita , kita tidak tahu secara rinci dari apa yang kita blog tersebut. Pastinya kita akan mencari tahu dulu tentang topic yang akan kita cantumkan di blog kita secara keseluruhan baru deh kita memposting nya. Dari keinginan kita mencari tahu tersebut, kan otomatis kita membaca tuh, pastinya wawasan kita akan menjadi luas.
  •  Hari ke hari kita akan memiliki kreativitas. Didalam nge-blog pastinya kita memilih ide-ide yang baru kan ? gak mungin dong kita mengupdate sesuatu yang kuno atau jadul gitu. bosan dong orang-orang yang membaca blog kita ntar. Nahh kita pasti akan mengeluarkan semua fikiran-fikiran yang menarik di dalam otak kita. Muncul deh ide-ide yang baru, bagus dan berkualitas. Jadilah kita orang yang mempunyai kreativitas perharinya . hehehe
  • Mempunyai banyak teman. Apabila tulisan-tulisan kita menarik untuk dibca di blog, pastinya banyak
    dong yang tertarik untuk mengenal kita (kepedean dikit) . semua orang pade ngantri di belakang untuk nge-follow kita, baik itu dari fb,instagram,twitter dan lainnya. Dan gak mungkin mereka nge follow dibiarin gitu aja kan? Apalagi kalo uda kita follback tuh, pade ngirim pesan satu-satu. Lama-lama
    akrab dong yaa, berteman dehh..
  •  Blog itu sebagai teman curhat. Menurut saya ya, nge-blog itu juga bisa jadi temen curhat kita lo. Mengapa demikian? Ya iyalah. Setiap hari ketika kita lagi senang,bosan, galau, gegana pasti semua perasaan kita kita tuangin ke dalam blog dibentuk menjadi sebuah cerita. Bagi orang yang selalu di depan laptop pasti berpendapat “Berteman di dunia maya terkadang lebih riil dari pada berteman di dunia nyata” aku sih kagak tau itu bener atau tidak, hehe
  • Mendapat penghasilan. Apalagi coba? Tinggal duduk santai zaman sekarang kita memperoleh uang,,,
    haduuhhh enak banget tauuu. Periklanan di dunia blog itu sekarang uda berserak, nahh dari situ kita akan mendapatkan penghasilan. Apalagi jika banyak para blogger yang suka dengan tulisan-tulisan kita pasti banyak tuh yang nanggepin iklan kita. Dapat uang deh kita. Enak ya? Enak dong. 
 DAMPAK NEGATIVE :
  • Lupa waktu. Tidak bisa dipungkiri lagi. Dengan kita update-update di blog tiap harinya,
    kita pasti lupa dengan waktu. Kecanduan banget kita dengan blog. Gak penting punya pacar, yang penting punya blog, wkwkwk. Tiap hari asik duduk sajaa bersama laptop
  • Boros kuota. Gimana tidak coba? Tiap jam berhadapan dengan laptop mulu bahkan tiap
    menit. Selalu keasikan dengan tulisan-tulisan kita yang penuh khayalan. Ya habis la kuota kita. Uda zaman sekarang harga kuota mahal. Bener gak? Hahhaa
  • Malas yang berlebihan. Dengan kita selalu berteman dengan laptop mulu, pasti kita akan terasa sangat
    malas sekali. Bahkan untuk berdiri sajapun malas. Karena kita sudah meger, uda posisi wenak, duduk di satu tempat. Kegiatan sehari-hari sih hanya mikir..mikir..mikir dan mikir. Membuka semua referensi,mencari ide-ide yang menarik, menghayal segala sesuatu, pokoknya kerjanya hanya mencari
    inspirasi yang tak kunjung datang.
  • Mata menjadi rusak. Nah yang ini nih, hati-hati ya. Laptop itu banyak radiasinya. Dapat merusak
    mata. Walaupun zaman sekarang ada yang namanya kacamata untuk laptop, tapi tetap saja kita tidak akan betah. Palingan dipakai hanya 3 hari saja. Jaga mata anda baik-baik okeee…
  •  Kurang bercengkrama/bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Yang satu ini jangan ditanya lagi. Mau becakap satu kata dengan orang rumah saja sudah syukur Alhamdulillah. Heheh segitunya kali ya? Pengguna setia blog pastinya kurang bergaul di dunia nyata,tapi kalau di sosmed, waduhhh..:D akrab bener sama semua orang. Sudah hukum alam mungkin ya :D
Baiklah itu saja sih dari saya dampak positif dan negative dari nge-blog. Maklum saya belum pernah menggunakan blog, jadi yang sederhana-sederhana saja ya :D

Sedikit pesan dari saya: Perlu di ingat! Dunia nyata tuh jauh lebih riil ketimbang dunia maya. Dunia nyata lah yang mengajarkanmu tentang suka duka menentukanmu bahagia di dunia dan akhirat. Sementara dunia maya, itu hanya selingan saja. Hanya mengajarkanmu suka/kesenangan semata saja. Intinya, boleh nge-blog/bermain sosmed lainnya, tapi ingat waktu ya, jangan karena itu, kita lupa semuanya. Kita lupa sama kewajiban kita sehari-hari. Jangan waktu yang mengatur kita melainkan kitalah yang mengatur waktu. Memang apa yang kita lakukan di dunia maya itu hal positif bagi kita pribadi. Tetapi tetap ada batasan nya dong. Kurang lebihnya saya mohon maaf, kesalahan datang pada diri saya, kebenaran hanya milik Allah SWT. Sekian dan terimakasih.. Wassalamu’alaikum…

(Oleh: Arisa Beby Valentina)

Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar